Laporan Hasil Wawancara
Keterangan:
Tema : Cara meningkatkan prestasi belajar Matematika
siswa di kelas.
Pewawancara : Erwinda Hapsari
Narasumber : 1. Ibu Dewi, Spd = Guru
Matematika
Hari
dan tanggal : Jum’at, 25 Mei 2012
Hasil Wawancara
Pewawancara : Assalamualaikum, Apa kabar ibu?
Narasumber
1 :
Alhamdulilah baik
Pewawancara : Sebelumnya mohon maaf mengganggu
waktunya dan terima kasih karena ibu bersedia di wawancarai. Saya Erwinda
Hapsari ingin mewawancarai ibu tentang cara meningkatkan prestasi siswanya di
kelas.
Sudah berapa lama ibu mengajar
di sekolah ini?
Narasumber
1 : Sudah 5 tahunan.
Pewawancara : Sebelum mengajar di sini ibu pernah
mengajar dimana saja?
Narasumber 1 : Di SMA Taman Harapan Bekasi, di
Madrasah Aliyah Negri 6 Jakarta.
Pewawancara : Apakah setiap sekolah yang ibu
ajarin sama ibu ngajar, misalkan Matematika atau Bahasa Indonesia?
Narasumber 1 : Sama Matematika
Pewawancara : Kalo waktu ibu mengajar itu berapa
lama bu, berapa jam?
Narasumber 1 : Paling lama itu 2 jam 120 menit,
jadi 3 jam pelajaran 120 menit
Pewawancara : Bagaimana cara ibu mengajar agar
anak-anak tidak bosan untuk mendengarkan ibu ngajar, apalagi pelajaran matematika
kan ya anak-anak biasanya pada berisik?
Narasumber 1 : Ya mungkin sebagai guru kita punya
trik-trik, dimana agar anak itu tidak bosan, mungkin caranya, kalau game mungin
kalau di terapkan di matematika mungkin belum banyak yang ibu dengar. pakai
metode-metodenya karena ibu sudah sertifikasi kan di diklat itu diajarkan banyak
banget metode jadi metodenya banyak,
jadi di situ ada seperti permainan juga.
Pewawancara : Apa saja kendala-kendala yang ibu hadapi
saat mengajar pelajaran matematika di kelas?
Narasumber 1 : Mungkin kendalanya yang pertama mungkin
matematika itu dianggap siswa itu pelajaran yang sulit, jadi yang pertama
mungkin minat anak tersebut ya sudah terhadap pelajaran matematika sudah kurang,
jadi anak itu sudah tidak ada minatnya duluan dengan pelajaran matematika, yang
kedua mungkin konsep dasar matematika mereka masih kurang karena waktu sd atau smpnya
konsep dasarnya kurang jadi itu membuat
kendala dalam kegiatan belajar mengajar itu beberapanya seperti itu yang
menghalangi dalam kegiatan belajar mengajar
Pewawancara : Siapa saja yang berpengaruh dalam
prestasi belajar siswa di kelas?
Narasumber 1 : Yang pertama jelas siswa itu sendiri,
maksudnya ada kemauan dari siswa itu sendiri untuk memahami misalkan dia tidak
suka untuk memahami, yang kedua jelas
gurunya kemampuan guru tersebut juga pengaruh di dalam kelas, yang terakhir
jelas orang tua. Jadi ada tiga yang pertama jelas siswa itu sendiri kemudian
guru tersebut, yang ketiga jelas lingkungan dirumah
Pewawancara :Bagaimanakah cara ibu untuk
mengetahui atau membedakan misalnya anak itu sudah paham atau belum dalam
pelajaran matematika?
Narasumber 1 : Mungkin dengan memberikan latihan,
tapi kebanyakan kalau latihan itu perbedaannya sangat tipis untuk menentukan
yang paham dengan yang tidak paham, jadi terkadang ibu membuat konsep soal itu
dibedakan misalnya soal itu ada dua jenis semakin banyak jenisnya mungkin guru
tersebut akan semakin tahu siswa itu paham atau tidak, kalau soalnya disamakan terus
latihannya bisa jadi sama semua jawabanya. nah itu yang namanya Menyalin. Mungkin
itu kalau menurut ibu ya jadi semakin banyak jenis soal Setiap anak itu
dibedakan atau dua jenis soal atau tiga jenis soal jadi bisa melihat kemampuan
anak, mempersempit jalan mereka untuk menyalin
Pewawancara : Kalau misalkan ada siswa yang saat
belajar dia ga bisa diem gimana cara mengatasinya?
Narasumber 1 : Mungkin sudah watak anak itu
seperti itu ya selama dia tidak membuat keributan ibu tidak melarang mungkin
dia ramainya ramai menjawab, selama tidak membuat keributan ibu tidak menegur. Misalnya
dia ramai memperhatikan ya ga papa. tapi kalau dia mengganggu siswa yang lain
ya itu .
Pewawancara : Terima kasih karena ibu mau
meluangkan waktu dan memberikan informasi
Narasumber 1 : Sama-sama
Pewawancara : Sukses selalu buat ibu.
Narasumber 1 : Amin
Makasih, membantu bgt^^
BalasHapus