Kamis, 21 Juni 2012

Laporan Hasil Wawancara

Laporan Hasil Wawancara

Keterangan:
Tema                        : Cara meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa di kelas.
Pewawancara          : Erwinda Hapsari
Narasumber             : 1. Ibu Dewi, Spd = Guru Matematika
Hari dan tanggal      : Jum’at, 25 Mei 2012

Hasil Wawancara

Pewawancara          : Assalamualaikum, Apa kabar ibu?
Narasumber 1          : Alhamdulilah baik
Pewawancara      : Sebelumnya mohon maaf mengganggu waktunya dan terima kasih karena ibu bersedia di wawancarai. Saya Erwinda Hapsari ingin mewawancarai ibu tentang cara meningkatkan prestasi siswanya di kelas.
                                   Sudah berapa lama ibu mengajar di sekolah ini?
Narasumber 1           : Sudah 5 tahunan.
Pewawancara          : Sebelum mengajar di sini ibu pernah mengajar dimana saja?
Narasumber 1           : Di SMA Taman Harapan Bekasi, di Madrasah Aliyah Negri 6 Jakarta.
Pewawancara          : Apakah setiap sekolah yang ibu ajarin sama ibu ngajar, misalkan Matematika atau Bahasa Indonesia?
Narasumber 1           : Sama Matematika
Pewawancara          : Kalo waktu ibu mengajar itu berapa lama bu, berapa jam?
Narasumber 1           : Paling lama itu 2 jam 120 menit, jadi 3 jam pelajaran 120 menit
Pewawancara      : Bagaimana cara ibu mengajar agar anak-anak tidak bosan untuk mendengarkan ibu ngajar, apalagi pelajaran matematika kan ya anak-anak biasanya pada berisik?
Narasumber 1           : Ya mungkin sebagai guru kita punya trik-trik, dimana agar anak itu tidak bosan, mungkin caranya, kalau game mungin kalau di terapkan di matematika mungkin belum banyak yang ibu dengar. pakai metode-metodenya karena ibu sudah sertifikasi kan di diklat itu diajarkan banyak banget metode jadi metodenya banyak,  jadi di situ ada seperti permainan juga.
Pewawancara          : Apa saja kendala-kendala yang ibu hadapi saat mengajar pelajaran matematika di kelas?
Narasumber 1           : Mungkin kendalanya yang pertama mungkin matematika itu dianggap siswa itu pelajaran yang sulit, jadi yang pertama mungkin minat anak tersebut ya sudah terhadap pelajaran matematika sudah kurang, jadi anak itu sudah tidak ada minatnya duluan dengan pelajaran matematika, yang kedua mungkin konsep dasar matematika mereka masih kurang karena waktu sd atau smpnya  konsep dasarnya kurang jadi itu membuat kendala dalam kegiatan belajar mengajar itu beberapanya seperti itu yang menghalangi dalam kegiatan belajar mengajar  
Pewawancara          : Siapa saja yang berpengaruh dalam prestasi belajar siswa di kelas?
Narasumber 1      : Yang pertama jelas siswa itu sendiri, maksudnya ada kemauan dari siswa itu sendiri untuk memahami misalkan dia tidak suka  untuk memahami, yang kedua jelas gurunya kemampuan guru tersebut juga pengaruh di dalam kelas, yang terakhir jelas orang tua. Jadi ada tiga yang pertama jelas siswa itu sendiri kemudian guru tersebut, yang ketiga jelas lingkungan dirumah
Pewawancara         :Bagaimanakah cara ibu untuk mengetahui atau membedakan misalnya anak itu sudah paham atau belum dalam pelajaran matematika?
Narasumber 1        : Mungkin dengan memberikan latihan, tapi kebanyakan kalau latihan itu perbedaannya sangat tipis untuk menentukan yang paham dengan yang tidak paham, jadi terkadang ibu membuat konsep soal itu dibedakan misalnya soal itu ada dua jenis semakin banyak jenisnya mungkin guru tersebut akan semakin tahu siswa itu paham atau tidak, kalau soalnya disamakan terus latihannya bisa jadi sama semua jawabanya. nah itu yang namanya Menyalin. Mungkin itu kalau menurut ibu ya jadi semakin banyak jenis soal Setiap anak itu dibedakan atau dua jenis soal atau tiga jenis soal jadi bisa melihat kemampuan anak, mempersempit jalan mereka untuk menyalin
Pewawancara          : Kalau misalkan ada siswa yang saat belajar dia ga bisa diem gimana cara mengatasinya?
Narasumber 1         : Mungkin sudah watak anak itu seperti itu ya selama dia tidak membuat keributan ibu tidak melarang mungkin dia ramainya ramai menjawab, selama tidak membuat keributan ibu tidak menegur. Misalnya dia ramai memperhatikan ya ga papa. tapi kalau dia mengganggu siswa yang lain ya itu .  
Pewawancara      : Terima kasih karena ibu mau meluangkan waktu dan memberikan informasi
Narasumber 1           : Sama-sama
Pewawancara          : Sukses selalu buat ibu.
Narasumber 1           : Amin

1 komentar: